Ini dia, Macam-macam sensor pada HP android kalian

Smartphone android memang memiliki fungsi yang sangat banyak. selain bisa untuk internet, telepon, dan sms. ponsel android juga bisa di gunakan untuk hal-hal yang lain dengan bantuan sensor yang canggih. mau tau untuk apa aja? yuk simak artikel ini agar kalian lebih tau tentang sensor-sensor yang ada di android kalian.

  • Accelerometer Sensor

Accelerometer Sensor

Jika kalian suka bermain game mobil balap seperti asphalt atau lainnya, sensor inilah yang mengendalikan arah pergerakan mobil saat kita melaju di lintasan. selain itu, dengan sensor ini kita bisa mengubah orientasi layar
dari portrait ke landscape atau sebaliknya. sensor ini paling umum digunakan hampir disemua ponsel android karena fungsinya yang sangat penting.

  • Gyroscope Sensor

Hampir mirip dengan Sensor Accelerometer, Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi sudut kemiringan dan mengukur kecepatan sudut yang umumnya diperlukan dalam navigasi.  yang membedakan sensor Gyroscope dengan sensor Accelerometer yaitu sensor Gyroscope tidak di pengaruhi oleh grafitasi.

  • Magnetometer Sensor

Gyroscope Sensor

Jika di ponsel kalian terdapat aplikasi bawaan kompas atau sejenisnya. kemungkinan besar di ponsel kalian terdapat sensor ini. Sensor Magnetometer umumnya digunakan sebagai penentu arah atau bisa disebut kompas. selain itu, sensor ini juga bisa digunakan untuk mendeteksi medan magnet.

  • Proximity Sensor

Proximity Sensor 

Sensor yang satu ini berfungsi untuk mendeteksi keberadaan suatu object pada jarak tertentu. Sensor ini terdiri dari LED inframerah dan detektor cahaya inframerah. Memiliki cara kerja dengan memancarkan cahaya inframerah tak kasat mata yang dipantulkan objek terdekat dan dijemput detektor inframerah. Proximity biasanya ditempatkan di dekat lubang suara smartphone. salah satu peran sensor ini yaitu mematikan layar ponsel ketika kita menempelkan telephone kita ke telinga saat menjawab panggilan.

  • Ambient Light Sensor

Ambient Light Sensor

sensor ini mendeteksi intensitas cahaya atau penerangan di sekitar smartphone kita. saat kita mengaktifkan kecerahan otomatis, sensor ini berfungsi untuk mensetabilkan cahaya layar dengan cahaya sekitar. Saat kalian menggunakan smartphone di bawah paparan cahaya yang terang, maka kecerahan layar akan ditambah. Sebaliknya, saat menggunakan di cahaya minim, kecerahan layar menjadi berkurang.

  • Barometer Sensor

Barometer Sensor

Sensor Barometer berfungsi untuk mengukur tekanan udara. selain itu sensor ini juga bisa mengukur ketinggian ponsel diatas permukaan laut, sehingga jika kalian menggunakan GPS, akurasinya akan menjadi lebih baik.

  • Termometer Sensor

Termometer Sensor

Sesuai dengan namanya, sensor ini berfungsi untuk mengukur suhu temperatur smartphone. nah berkat sensor ini kalian jadi tau kalau hp kalian terlalu panas dan harus diistirahatkan. Biasanya panas ini ditimbulkan oleh baterai ponsel karena aktifitas gadget yang berlebihan, misal mencharge sambil memain game atau berinternet dan lain-lain. Pada beberapa gadget tertentu, sensor ini juga bisa mendeteksi suhu lingkungan sekitar.

  • Fingerprint Sensor

Fingerprint Sensor

Jenis sensor smartphone yang terakhir adalah sensor sidik jari. Jenis sensor smartphone yang saat ini memang banyak digunakan pada smartphone keluaran terbaru. Fingerprint sensor mempunyai fungsi utama sebagai alat otentikasi keamanan smartphone, biasanya diletakkan di bagian depan atau belakang, memungkinkan kamu memakai sidik jari untuk membuka smartphone dari mode kunci.

Nah, itu dia nama-nama sensor smartphone dan fungsinya. Mungkin untuk kedepannya. perusahaan-perusahaan besar smartphone akan lebih berinofasi lagi menambah sensor-sensor baru yang memudahkan pengguna smartphone untuk keperluan sehari-hari. jika di ponsel kalian terdapat sensor baru yang belum saya sebutkan diatas. kalian bisa menulisnya dikomentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *