Taukah kamu? Nomor IMEI ternyata memengaruhi kinerja HP

imei-dus-samsung.jpg

Nomor IMEI atau International Mobile Equipment Identity pasti terdapat di semua ponsel baik itu bermerek terkenal ataupun merek lokal.

Terdiri dari 15 hingga 16 digit angka, biasanya Operator seluler menggunakannya untuk mengidentifikasi perangkat yang terdaftar di jaringan mereka.

Namun, apakah kalian tau fungsi sebenarnya dari IMEI ini? yuk simak ulasan berikut agar kalian lebih tau fungsi dari nomor IMEI ini.

Sebelum ke penjelasan fungsi dari IMEI, kalian harus tau bagaimana cara melihat nomor IMEI yang ada di HP kalian. ada beberapa cara untuk melihat nomor IMEI, yang pertama kalian bisa melihatnya dengan mengetik *#06# di dialpad HP kalian. cara lainnya yaitu kalian bisa menemukan nomor IMEI di bagian belakang HP kalian atau di dusbuk hp di bagian luar kotak kemasan.

Apa itu fungsi IMEI? 
  • Identitas Smartphone

IMEI bisa dikatakan sebagai identitas dari sebuah smartphone, sebab ibarat sebuah KTP IMEI adalah sebuah nomor KTP tersebut.

Untuk itulah mengapa nomor ini begitu unik dan seringkali di perhatikan bagi pembeli ponsel bekas untuk mencocokan kesamaan nomor di Smartphone dengan kardusnya.

  • Untuk melacak smartphone Android yang hilang

Kebanyakan pengguna ponsel tidak menganggap penting IMEI, apalagi untuk mencatat atau menyimpannya. Padahal, IMEI memiliki fungsi cukup penting. Yang paling terasa, IMEI berfungsi saat ponsel hilang karena jatuh, lupa tempat menyimpannya, atau dicuri.

Jika itu benar-benar terjadi, kalian bisa langsung datang ke gerai operator seluler yang kalian gunakan kemudian mberikan nomor IMEI dan nomor kartu yang kita gunakan.

Dengan begitu, ponsel kalian bisa dilacak atau nomor ponselnya bisa diblok dan perangkatnya bisa dikunci untuk sementara.

Untuk melacak smartphone Android yang hilang, kamu bisa juga menggunakan teknologi Google. Dengan catatan, smartphone kamu pernah terhubung ke Internet, GPS kita aktif, dan smartphone tersebut dalam keadaan aktif.

Lantas, apa yang pengaruh IMEI kepada kinerja HP?

Jika kita menghapus IMEI yang ada di HP kita, maka otomatis kartu sim yang terpasang di HP kalian tidak bisa di deteksi. hal tersebut karena EMMC membutuhkan nomor IMEI agar bisa membaca kartu sim yang terpasang di HP kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *